MELAYANI PERIZINAN TERBIT DI TEMPAT (MANTAP)


Mantap (Melayani Perizinan Terbit di Tempat)

Pemerintah terus berupaya untuk memberikan kemudahan dan fasilitas terhadap pelaku usaha atas penyelenggaraan perizinan khususnya pelaku usaha dengan skala usaha UMK. DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi terus berupaya dalam peningkatan kinerja dan reformasi pelayanan public,  meningkatkan  dan  mendekatkan pelayanan  dan  komunikasi  pemerintah  kepada rakyat. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan Kemudahan Berusaha (ease of doing bussines). Perizinan yang dilaksanakan melalui Online Single Submission (OSS) merupakan perubahan besar-besaran untuk membuat seluruh perizinan dari pusat hingga ke daerah betul-betul terintegrasi menjadi satu kesatuan.

Suatu bentuk izin yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku usaha untuk menjalankan usahanya secara legal. Dengan memiliki izin usaha, konsumen maupun pihak lain menganggap bahwa bisnismu sah secara hukum. Sehingga, memiliki izin usaha tentunya akan memberikan pengaruh yang sangat baik bagi pengembangan bisnis pelaku usaha

Perizinan secara elektronik yang dilaksanakan melalui portal OSS RBA dan perizinan dikelopmpokkan berdasarkan tingkat risiko seta pengelompokkan skala usaha (UMK dan Non UMK) yang merupakan amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk mendukung percepatan dan permasalahan perizinan.

Masih rendahnya kesadaran pelaku usaha UMK atas pentingnya perizinan bagi aktifitas usaha yang dijalankan. Terhadap keterbatasan pelaku usaha UMK atas kemapuan dan penggunaan teknologi informasi serta perubahan pola/mindset untuk layanan tatap muka yang diberikan. Perubahan yang akan dilakukan yaitu bagaimana memberikan pemahaman terhadap perizinan bagi UMK serta langsung mempraktekan terhadap proses penyelenggaraan perizinan s.d izin diterbitkan langsung serta pemahaman terhadap kewajiban pelaku usaha bagi UMK.

Mantap, melayani penerbitan perizinan OSS RBA dengan penerbitan perizinan langsung ditempat bagi pelaku usaha UMK dengan tingkat risiko perizinan rendah dan menengah rendah.

2023-07-17 22:55:53 | Post By: Operator

PIMPINAN



FITUR PERIZINAN



KATEGORI BERITA