SI WALI (SAHABAT IZIN WALI NAGARI)


SI WALI (SAHABAT IZIN WALI NAGARI)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam melaksanakan Reformasi Birokrasi terus berupaya dalam peningkatan kinerja dan reformasi pelayanan publik. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan Kemudahan Berusaha (ease of doing bussines). Semua aspek pendayagunaan aparatur negara, baik kelembagaan, SDM Aparatur, ketatalaksanaan, akuntabilitas dan pengawasan diarahkan kepada peningkatan kualitas pelayanan publik. Dalam hal inilah, sangat penting untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan dan komunikasi pemerintah kepada rakyat. Pemerintah harus hadir dan ada saat rakyat memerlukan, cepat dan responsif terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.

Perizinan yang dilaksanakan melalui Online Single Submission (OSS) merupakan perubahan besar-besaran untuk membuat seluruh perizinan dari pusat hingga ke daerah betul-betul terintegrasi menjadi satu kesatuan. Perizinan menggunakan model registrasi yang lebih modern, lebih cepat, dengan sistem data yang terpadu dan terintegrasi, hal tersebut tidak perlu lagi melewati banyak rantai birokrasi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah dimaksud Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, merupakan sistem yang dibuat pemerintah untuk mempermudah pelaku bisnis untuk mengurus perizinan usahanya, dan diterbitkan melalui OSS sesuai pengelempokkan perizinan yang tanpa pemenuhan komitmen dan dengan pemenuhan komitmen berdasarkan kewenangan Pemerintah Daerah.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk mendukung percepatan dan permasalahan perizinan yang ada diperlukan peran aktif masyarakat khususnya walinagari.

Informasi dan pemahaman / pengetahuan perizinan serta permasalahan terhadap implementasi terhadap perizinan diharapkan dapat dipahami oleh masyarakat, pelaku usaha dan ataupun di tingkat pemerintahan terendah khususnya wali nagari

Perubahan yang akan dilakukan yaitu bagaimana memberikan pemahaman terhadap perizinan bagi walinagari serta langsung mempraktekan terhadap proses penyelenggaraan perizinan s.d izin diterbitkan langsung serta pemahaman terhadap kewajiban pelaku usaha sehingga permasalahan yang sering terjadi atau terhadap timbulnya sengketa perizinan dapat dihindari.

Inovasi SI WALI memberikan dan memastikan proses, penyelenggaraan dan implementasi perizinan dapat dilaksanakan dan dipahami oleh perwakilan pemerintah terendah ditengah masyarakat, sehingga dapat menghindari permasalahan serta sengketa perizinan. Selain itu inovasi SI WALI menjalin koordinasi yang baik dan intensif atau komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

 

2022-09-16 09:15:33 | Post By: Administrator

PIMPINAN



FITUR PERIZINAN



KATEGORI BERITA