Tingkatkan Iklim Investasi, DPMPTSP & HIPMI Sumbar Gelar Forum Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

Kadis DPMPTSP bersama HIPMI Sumbar

Kadis DPMPTSP bersama HIPMI Sumbar

28 September 2022. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar bersama HIPMI Sumbar menggelar forum sosialisasi dalam upaya mendorong peningkatan iklim investasi, di Grand Basko Hotel, Rabu, 28 September 2022.

Forum tersebut bertajuk 'Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko', diikuti oleh peserta dari HIPMI Sumbar.

Kepala Dinas PMPTSP Sumbar, Adib Alfikri menyebut, terkait perizinan, dalam hal ini pemerintah sudah membuat sebuah aplikasi Online Single Submission (OSS) untuk memudahkan proses perizinan bagi para pelaku usaha.

"Ini adalah program pemerintah secara nasional, gunanya untuk bisa melaksanakan proses pelayanan perizinan terintegrasi berbasis elektronik. Kita berharap dengan adanya OSS ini, banyak kemudahan yang didapatkan," ucap Adib.

 Lebih lanjut ia menjelaskan, selain mempermudah perizinan, sistem OSS nantinya juga akan menilai permohonan perizinan usaha pada tingkatan risiko dan besaran skala kegiatan usaha "Saat ini Pemerintah Provinsi sudah melaksanakan beberapa kegiatan dengan HIPMI Sumbar untuk membantu menciptakan pengusaha-pengusaha muda dan entrepreneur-entrepreneur handal dalam pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19," tuturnya.
 
"Kita harapkan HIPMI dan Pemerintah dapat bersama-sama membangun perekonomian, bergandeng tangan, kita buat program bersama," tambahnya.

Sementara, perwakilan HIPMI Sumbar Hayattul Riski dalam paparannya menyampaikan, HIPMI merupakan organisasi yang siap membantu percepatan inovasi dan memberikan ruang kolaborasi, baik pemerintah maupun bagi wiraswasta.

Pada kesempatan ini turut hadir wku Muhamad Rayhan, ketua bidang perdagangan Errid Hadisyah Putra dan ketua bidang UMKM Heru Saputra.

Sumber : Harian Haluan 28 September 2022