Mencari Investor Perlu Kolaborasi Semua Pihak


Peluang Investasi Sumatera Barat sangat perlu mencara solusi dan bagaimana merumuskan, merencanakan dan mempromosikan karena dari data pengalaman selama ini sangat sulit mencari para pelaku investasi berskala besar.  Kita ketahui Sumatera Barat sangat di topang dengan Pariwisata, namun investasi itu tidak berdiri sendiri, perlu kolaborasi semua pihak.

“Selama ini investasi Sumatera Barat di topang dari sektor Pariwisata, investasi yang berskala industri sangat minim sekali”  Karena sekarang ini lagi digiatkan green investment dengan maksud mengurangi produksi dari zat carbon yang sekarang menjadi masalah yang sudah mendunia.

Hal ini disampaikan oleh Kadis Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat ketika membuka Workshop Strategi Promosi Peluang Investasi Daerah Sumatera Barat tahun 2023 di salah satu hotel di Kota Pa dang, Selasa (3/10/2023).

Saat ini rumpun yang ada di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Barat yaitu rumpun pelayanan Terpadu Satu Pintu dan rumpun Penanaman Modal ini merupakan struktur baru berjalan, namun sangat erat kaitannya satu sama lain.

Kita harus berbangga disaat ini kinerja kita sudah mulai diperhitungkan oleh Kemenivest /BKPM karena pencapaian dari 34 Provinsi kita menjadi depalan (8) Nomine pelayanan perizinan berusaha, dan telah dilakukan uji petik oleh Tim yang berkompeten dari Kemenivest/BKPM. Semoga dengan masuknya DPMPTSP Provinsi delapan besar membuat kita lebih baik, dan berharap menjadi terbaik .

Kita tidak saja dituntut untuk menciptakan iklim investasi disuatu daerah lebih baik, namun bagaimana layanan dan perizinan berjalan sesuai dengan SOP yang ada.

“Semuanya proses telah kita lakukan ibarat ban berjalan bagaimana iklim investasi terbangun di daerah, tentu tergantung pada pelayanan kita bersama,” ucap Adib Alfikri.

Ditambahkan Adib Alfikri, potensi unggulan Sumatera Barat sangat beragam, namun semua itu belum berjalan optimal kita lakukan promosi, perlu melakukan promosi –promosi secara menyeluruh. Kita tiap tahun, persemester, pertribulan terus melakukan harmonisasi kegiatan dari DPMPTSP Kabupaten/Kota, Provinsi dan pusat dan juga harmonisasi lintas OPD agar promosi yang kita lakukan menghasilkan yang maksimal. Karena kondisi ini harus secara komprehensif kita bahas, karena untuk menarik investasi yang besar harus dengan usaha juga lebih besar dan lebih baik lagi.

Disisi lain, apartur yang mengemban tugas mempromosikan peluang investasi harus paham selera konsumen atau calon investor, mereka harus punya data peluang investasi yang betul betul Investment Project Ready to Offer.

Pada kegiatan ini kita mengundang narasumber baik dari Pemerintah, akademisi dan pakar dari KADIN Sumbar yang melakukan pencerahan kepada aparatur DPMPTSP Kabupaten/kota di Sumatera Barat, sehinga daerah mampu melakukan strategi  investasi di wilayahnya, bagaimana mengurangi kesenjangan suatu wilayah, sehinga investasi tidak bertumpuk pada suatu daerah saja.

“ itu harapan kita, bagaimana aparatur Kabupaten/kota bisa membantu  mempromosikan peluang investasi daerahnya sendiri”, tutur Adib Alfikri

Lanjutnya, dari di data base yang dimiliki oleh instansi teknis atau sektoral masih belum sempurna, ini merupakan salah satu kekurangan dalam melakukan publikasi dan promosi, langkah pertama kita lakukan bersama  pemerintah daerah penyempurnaan data base peluang investasi daerah.

“ untuk menyempurnakan data dan peluang investasi Sumatera Barat, kita berkolaborasi dengan  semua pihak, melibatkan Bank Indonesia Perwakilan Sumbar dan KADIN Sumbar serta instansi terkait ,” ucapnya Adib Alfikri.

 Ini yang sudah kita lakukan selama ini, sinergisitas dengan pihak terkait untuk menghasilkan promosi yang optimal dengan hasil banyaknya calon investor dari dalam dan luar negeri yang menjadi target utama dari kegiatan promosi peluang investasi. Untuk itu dibutuhkan strategi yang tidak monoton dan harus berinovasi setiap periodenya. (Tim Promosi)

2023-10-03 14:31:55 | Post By: Admin DPMPTSP

PIMPINAN



FITUR PERIZINAN



KATEGORI BERITA