inLOVEST Sumbar


A. Dasar Hukum Penyelengaraan

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2019 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Daerah.
  2. Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat No. 15 Tahun 2019 tentang Penanaman Modal 
  3. Keputusan  Kepala DPM PTSP Provinsi Sumatera Barat Nomor  : 570/0.23.a/DPM & PTSP-2022 Tentang  Pelaksanaan Informasi Locus Investasi ke Tanah Ulayat (inLovest to Tanah Ulayat) Sumatera Barat

B. Permasalahan

  1. Masih rendahnya penyberaluasan informasi dan promosi terkait potensi dan peluang investasi di Provinsi Sumatera Barat
  2. Investor memerlukan informasi informasi yang lebih terintegrasi, tidak hanya informasi mengenai peluangnya saja, tetapi juga informasi mengenai posisi tepatnya lokasi investasi itu berada. D
  3. Pemanfaatan tanah ulayat untuk kegiatan Penanaman modal kadang berjalan tidak seperti yang diharapkan karena sering muncul konflik antara masyarakat dengan perusahaan dan pemerintah maupun konflik internal masyarakat itu sendiri,  sehingga tanah ulayat seringkali di cap sebagai faktor penghambat  kegiatan investasi. Untuk itu DPM PTSP Provinsi Sumatera Barat telah merancang sebuah terobosan melalui inovasi yang dikelola oleh DPMPTSP Prov. Sumbar dengan merancang penyajian data tanah pada Informasi tanah ulayat ke inLovest (inLovest to Tanah Ulayat)

C. ISU STRATEGIS

  1.  Pengembangan Potensi dan Peluang Penanaman Modal di daerah melalui identifikasi dan pemetaan potensi dan peluang penanaman modal, ketersediaan lahan, sarana dan prasarana penunjang penanaman modal serta pendokumentasiannya sudah sangat perlu dilakukan secara elektronik untuk memberikan kemudahan kepada investor untuk dapat mengsinkrokan data dan informasi tersebut perlu dibangun suatu sistem informasi yang memberikan informasi lokasi potesi dan peluang investasi 
  2. Kebijakan peningkatan investasi di daerah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah juga nasional.
  3. Pengembangan investasi membutuhkan infrastruktur dan lokasi penanaman modal berupa lahan usaha berupa tanah atau dataran yang luas

D. METODE PEMBAHARUAN 

  1.  Kondisi Sebelum

             Provinsi Sumatera Barat sebagai daerah yang mempunyai potensi dan peluang investasi yang beragam dari berbagai sector selama ini pada Aplikasi inLovest (Invormasi Locus Investasi) hanya memuat peluang Investasi berdasarkan kajian Study Kelayakan/Feasibility Study (FS) saja. Sebagian besar lokasi potensi dan peluang investasi tersebut selama ini terdokumentasi melalui data dalam bentuk buku  yang dicetak secara manual sehingga tidak mudah untuk mendapatkan informasi lokasi potensi dan peluang investasi  secara langsung dan tepat.

      2. Kondisi Sesudah

                    Dalam rangka mempermudah investor untuk mengetahui keberadaan lokasi peluang investasi di Sumatera Barat menggunakan teknologi pada perangkat bergerak, perlu dikembangkan aplikasi android yang berintegrasi dengan Google Map yang berisi panduan Investasi di Provinsi Sumatera Barat. Pengguna dapat mengetahui lokasi peluang investasi apa saja yang berada di Provinsi Sumatera Barat dan sarana pendukung apa saja yang tersedia di sekitar lokasi. Dengan adanya Kegiatan Penyusunan Buku Identifikasi Tanah Ulayat Untuk Investasi pada DPMPTSP Provinsi Sumatera Barat maka diperlukan memasukannya datanya pada inLovest menjadi Inlovest to Tanah Ulayat.

D. KEUNGGULAN DAN KEBAHARUAN 

  1.  Keunggulan :
  2. Tersedianya informasi yang lebih mudah dijangkau oleh investor/calon investor tentang lokasi dan peluang investasi tanah ulayat yang ada di Sumatera Barat dengan informasi yang selalu up to date.
  3. Mempermudah investor/calon investor didalam peninjauan ke lokasi peluang investasi tanah ulayat (memberikan informasi jarak tempuh dan rute yang akan dilalui).
  4. Menyelenggarakan pelayanan yang prima kepada para investor/calon investor sebagai tanggung jawab pemerintah daerah dalam memajukan investasi.
  5. Aplikasi ini dibangun untuk memudahkan investor/calon investor memperoleh informasi lokasi peluang investasi tanah ulayat di Sumatera Barat.

2. Kebaharuan :

  • Aplikasi berbasis Web (INLOVEST Web), sebagai antar muka Admin dan Operator system INLOVEST SUMBAR untuk update database potensi dan peluang investasi yang menjadi sumber data aplikasi user. Aplikasi ini tidak dipublish untuk public dan hanya bisa diakses oleh Admin/Operator aplikasi inLovest SUMBAR dengan menambah penyajian data peluang investasi tanah ulayat pada Aplikasi Inlovest yaskni (inLovest to Tanah Ulayat) pada inLovest Sumbar.
  • Aplikasi berbasis Android (INLOVEST SUMBAR Mobile), yang berfungsi sebagai antarmuka bagi calon investor untuk mendapatkan informasi mengenai potensi dan peluang investasi tanah ulayat. Aplikasi ini akan dipublish melalui Android Playstore agar calon investor bisa mendownload dan install aplikasi INLOVEST SUMBAR Mobile.

 E. CARA KERJA

  1. Mendownload aplikasi di playstore
  2. Pilih bahasa yang akan digunakan lalu klik start
  3. Muncul tampilan sektor bisnis, pelaku usaha dipersilakan untuk memilih sektor yang diinginkan
  4. Pilih jenis investasi dan lokasi yang dibutuhkan informasinya
  5. Pilih direct lokasi untuk mendapatkan informasi tentang lokasi yang terintegrasi dengan Google Map
  6. Terdapat contact information untuk dapat mendapatkan informasi seluas-luasnya terkait dengan lokasi investasi

2023-07-21 15:34:15 | Post By: Operator

PIMPINAN



FITUR PERIZINAN



KATEGORI BERITA